Baca Al-Qur'an via Smartphone Apakah Juga Mendapatkan Pahala?


Islamedia.co -  Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sehubungan dengan semakin meningkatnya perkembangan Gadget seperti smartphone atau tablet demikian pesat, maka segala sesuatu juga menjadi lebih praktis, cepat, dan mengakomodir setiap kebutuhan umat manusia yang menggunakannya. 

Ada beberapa pertanyaan yang belakangan ini mengganggu pikiran saya, yaitu tentang Aplikasi Al'Quran pada Smartphone. ada beberapa pertanyaan yang ini saya ajukan, antara lain:
1. Hukum tentang adanya aplikasi tersebut, mengingat itu adalah kumpulan ayat-ayat suci al-qur'an.
2. Hukum membaca Al-Qur'an pada aplikasi tersebut, apakah sama ketentuan hukumnya dengan apabila kita membaca Al-Qur'an biasa.
3. Hukum membawa dan meletakkannya, secara itu adalah handphone yang bisa di letakkan dimana saja termasuk di kantong celana.
4. Apakah sama pahalanya dengan apabila kita membaca Al-Qur'an biasa?

Demikian Pertanyaan dari saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon di maafkan
Atas perhatiannya, saya haturkan terima kasih.

Jawaban:


Assalamu alaikum wr.wb
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba'du:

1. Menyimpan aplikasi Alquran di dalam HP sama seperti menyimpannya dalam komputer, kaset, atau CD. Tidak ada larangan  dalam hal tersebut. Bahkan ia sangat baik selama ditujukan untuk mendapatkan manfaat dan kemudahan dalam berinteraksi dengan Alquran.

2. Membaca Alquran dari aplikasi tersebut sama hukumnya dengan membaca pada mushaf. Yaitu harus dengan bacaan yang benar dan memerhatikan hukum-hukumnya. Adapun terkait dengan memegang dan menyentuhnya, maka boleh menyentuhnya meski dalam kondisi tidak berwudhuk.

3. Pada saat aplikasi Alquran tersebut dibuka sehingga tulisannya terlihat, hendaknya memerhatikan adab dan etika kepadanya. Ia tidak boleh dimasukkan ke tempat-tempat yang tidak layak apalagi kotor. Sehingga apabila ingin meletakkan di celana atau di bawa ke toilet, aplikasi tersebut harus ditutup atau dimatikan terlebih dahulu.

4. Sementara terkait dengan pahala membaca, tidak ada perbedaan antara membaca lewat aplikasi dan lewat mushaf secara langsung. Yang sangat menentukan kadar ganjaran Allah terhadap orang yang membaca Alquran adalah keikhlasan, cara membaca, penghayatan, dan  pengamalan terhadapnya.

Wallahu a'lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

Tim syariahonline.com


close
Banner iklan disini