Sambut Turis Muslim, Pemerintah Jepang Bangun Rumah Ibadah dan Layanan Makanan Halal


Islamedia.co - Pemerintah Jepang  terus berbenah untuk menyambut peningkatan turis muslim yang datang ke negara tersebut. Mereka menyiapkan sejumlah layanan yang lebih ramah kepada wisatawan Muslim, terkait dengan aturan hukum Islam yang mengharuskan makanan, layanan, dan fasilitas halal.

Pada bulan Agustus, restoran Jepang Uemachi di Hotel Sheraton Miyako yang ada di Tennoji Ward, Osaka, mulai menawarkan makanan dan minuman halal dan bebas alkohol, bagi para tamu yang datang.
 
Label halal yang dimiliki oleh kalangan hotel dan perjalanan wisata tersebut, disertifikasi oleh organisasi muslim yang ada di Jepang.

"Banyak turis dari negara-negara Muslim, kebanyakan merasa kesulitan untuk mencari makanan halal. Dengan adanya sertifikasi halal ini, kami akan menyediakan layanan makanan yang lebih baik untuk menarik lebih banyak wisatawan dari negara-negara muslim ini," kata seorang wakil dari perusahaan seperti dilansir laman AFP.

Selain itu Perusahaan layanan kereta api , Nankai Electric Railway Co berencana mendirikan tempat ibadah untuk umat Islam di lantai basement pertama bangunan utama mereka di Namba City.

Pemerintah Jepang sendiri diketahui akan merilis rencana pemberian kemudahan visa kunjungan bagi kalangan wisatawan muslim dari wilayah Asia Tenggara, yang memiliki populasi umat muslim terbesar di dunia.[beritasatu/islamedia/eko]