Rumah Zakat Salurkan 60.000 Liter Air Bersih di Poto Tano, Sumbawa


Islamedia.co -  Warga Desa Poto Tano, Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat yang sulit mendapatkan air bersih hampir sepanjang tahun, menerima bantuan 60.000 liter air bersih dari RZ. Air disalurkan selama enam hari sejak hari ini, Senin (13/10) ke 11 RT menggunakan 12 tangki mobil air bersih. Simbolisasi penyerahan bantuan dilakukan oleh Ahmad Faizs, Kepala Divisi Program Management RZ kepada Umar, Kepala Desa Poto Tano. Selain itu, disalurkan juga 1.000 paket kornet Superqurban untuk para warga.

Tercatat sebanyak 502 KK atau 1.320 orang menerima bantuan air bersih di Poto Tano. Sulitnya mendapatkan air bersih membuat warga memiliki minimal satu tandon air berukuran sekitar 100 L untuk menampung air. “Warga di sini menggantungkan kebutuhan air bersih untuk aktivitas harian dari bantuan pemerintah dan NGO,” terang Faizs.

Warga yang bertempat tinggal di pinggir Pantai Selat Alas ini mayoritas bermata pencarian sebagai nelayan dengan hasil tangkapan ikan yang tidak banyak. Rata-rata hanya 6 kg per hari. Saat terang bulan, warga beralih menangkap cumi-cumi. Hasil tangkapan tersebut lantas dijual ke pengepul yang datang ke desa atau dijual langsung ke Pasar Seteluk dan Taliwang.

Untuk membantu penghasilan keluarga, istri para nelayan juga berjualan. Jumlah wanitanya lebih banyak beberapa belas dibanding laki-laki. Nelayan di Poto Tano umumnya berasal dari Sulawesi. “Wajar jika komposisi nelayannya terdiri dari Suku Bajo, Bugis, Makassar dan Sasak,” ungkap Faizs.

Umar mewakili warga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan RZ. “Terima kasih atas bantuannya. Harapan saya dan seluruh warga, mudah-mudahan ke depannya kami bisa menghubungi pihak RZ saat kami dalam kondisi kemarau panjang dan RZ bisa memberikan bantuan yang sama,” tutur Umar.

Oktober 2014 penyaluran sebanyak 161.000 liter air dilakukan untuk korban bencana kekeringan di  Sumbawa Barat, Kulon Progo, Sumedang, Jombang, dan Wonogiri. Sedangkan di bulan September 2014 bantuan diberikan kepada 17.179 korban bencana kekeringan dan erupsi gunung berapi di 10 kota dan kabupaten. Total penyalurannya sebanyak 209.000 liter untuk Gunung Kidul, Boyolali, Grobogan, Wonogiri, Pandeglang, Cikarang, Pasuruan, Manado, Salatiga dan Kendal. []
close
Banner iklan disini