Penonton Perempuan Timbulkan Kemarahan di Media Sosial Saudi


Islamedia.co -  Klip video pertandingan itu ditonton lebih dari 400.000 kali di Youtube dengan 1.000 komentar - sebagian besar adalah pria yang marah karena kehadiran wanita di stadion di tengah ribuan pria.

Tim yang didukung perempuan ini kalah, jadi tidak aneh jika dia merasa frustrasi. Tim Al Hilal Arab Saudi dikalahkan 2-1 oleh tim Al Ain dari Uni Emirat Arab dalam babak final Liga Champion Asia minggu lalu.

Setelah tekel terjadi, kamera menyorot ke arah penggemar tim Arab Saudi yang sedang marah - seorang perempuan yang sepenuhnya tertutup rapat oleh abaya dan burka hitamnya.

Di Arab Saudi sendiri, perempuan dilarang menonton pertandingan sepak bola, tetapi karena pertandingan ini berlangsung di Uni Emirat Arab, sang penonton ini bersama beberapa perempuan lain yang mendukung tim Arab Saudi, dapat menonton langsung bersama para pria penggemar sepak bola di stadion.
Perempuan di rumah saja

"Perempuan tidak tertarik pada sepak bola, jadi kenapa mereka ke stadion menonton pertandingan langsung?"bunyi sebuah komentar. "Apakah perempuan ini tidak punya suami? Tempat perempuan adalah di rumah,"kata komentar lain.

Banyak komentar yang menentang kehadiran perempuan di stadion mengatakan hal ini akan mendorong imoralitas dan perbuatan berdosa. Yang lainnya mengatakan hal ini memberikan risiko pelecehan untuk perempuan.
Dilecehkan di mana-mana

Lina Al Maena, mantan atlet dan pendorong olahraga perempuan di Arab Saudi, memasalahkan ide bahwa perempuan tidak boleh menonton pertandingan agar tidak dilecehkan.

"Perempuan selalu dilecehkan apakah itu di pusat perbelanjaan atau di jalan-jalan, saya tidak mengerti kenapa stadion harus berbeda," katanya sambil menambahkan "mengapa perempuan yang harus dihukum karena perbuatan yang dilakukan kaum lelaki?"

Namun, Al Maena berpendapat pemikiran seperti ini mungkin sedang berubah. "Keterlibatan perempuan dalam olahraga sudah lebih banyak diterima sekarang ini dibandingkan satu dasawarsa lalu," katanya.

Surat kabar setempat melaporkan bahwa pemerintah Arab Saudi tengah mempertimbangkan untuk membangun bagian khusus di stadion untuk para penonton perempuan.[bbc/islamedia/munawir]





close
Banner iklan disini