Partai Buruh Dorong Pemerintahan Inggris Akui Negara Palestina


Islamedia.co -  Graham Morris ketua kelompok sahabat Palestina di Partai Buruh yang menjadi oposisi pemerintah mengusulkan pengakuan pemerintah Inggris terhadap negara Palestina. Usulan tersebut akan dibahas oleh Majlis Umum Inggris (British House of Commons) pada tanggal 13 Oktober ini.

Langkah parlemen Inggris ini setelah sebelumnya  Swedia menyatakan tekadnya untuk mengakui negara Paletina sesuai dengan hukum internasional dan resolusi-resolusi PBB.

Sedianya akan dilakukan voting terhadap usulan tersebut dalam sidang yang sama, yang akan memakan waktu selama 6 jam dan juga mendiskusikan masa depan Timur Tengah.

Meskipun pengakuan terhadap negara Palestina adalah kewenangan pemerintah di Inggris dan bukan parlemen, namun voting untuk usulan tersebut akan mencerminkan keinginan Parlemen dan menyulitkan pemerintah Inggris.

Disebutkan bahwa 138 negara saat ini mengakui negara Palestina. Ada lebih dari 80% penduduk dunia tinggal di negara-negara yang mengakui negara Palestina. Termasuk Brazil, Afrika Selatan, Chili, Rusia, Vatikan, Argentina, India, China dan yang lainnya. (infopalestina/islamedia)





close
Banner iklan disini