Indonesia Harus Waspada Virus Ebola


Islamedia.co -  Di jelaskan Oleh para ilmuwan : Ebola adalah virus yang menyerang sistem darah , Ebola disebut demam haemorraghic - membuat penderita berdarah dari hampir seluruh tubuhnya. Umumnya korban mengalami pendarahan hingga mati.

Virus Ebola  ditularkan melalui cairan tubuh: darah, keringat, liur atau cairan lain. Yang perlu di garis bawahi adalah ebola tidak menular melalui udara.

Pencegahannya meliputi upaya mengurangi penyebaran penyakit dari monyet dan babi yang terinfeksi ke manusia. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa hewan tersebut terhadap infeksi, serta membunuh dan membuang hewan dengan benar jika ditemukan penyakit tersebut.

Umumnya orang yang terjangkit ebola memiliki ciri berikut : Demam , Sakit kepala , Diare ,Muntah , Letih , Ngilu / nyeri sendi  & otot , Sakit perut dan Hilang nafsu makan.

Virus ebola sangat mematikan , Sekitar 90% orang yang terjangkit ebola akan mati. ebola adalah Salah satu wabah paling mematikan di dunia, virus ebola membunuh hanya dalam hitungan beberapa minggu saja .sampai saat ini ebola belum dapat diobati atau disembuhkan.

Bagaimana pencegahan virus ebola untuk diri dan lingkungan anda ?

Mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin atau juga menggunakan sanitizer tangan yang baik.

Hindari kontak fisik yang tidsk perlu dengan orang lain. Sebisa mungkin makanlah masakan yang dimasak sendiri.

Virus Ebola tidak dapat bertahan terhadap disinfectants , panas, sinar matahari langsung, detergen dan sabun.

Bersihkan lingkungan :

- Fumigasi jika punya hewan peliharaan.
- Tikus dapat membawa virus ini.
- Fumigasi lingkungan & buanglah bangkai hewan dengan selayaknya!
- Mayat masih dapat menularkan Ebola.
Jangan menyentuh mayat tanpa alat pelindung atau lebih baik jangan menyentuhnya.

Laporkan setiap gejala mencurigakan pada diri anda atau orang lain secepatnya!!!


Share atau infokan berita ini pada rekan kerja dan setiap orang. Anda akan lebih aman jika setiap orang teredukasi. (umi / IDI Malang)