Mau Berkurban Namun Belum Aqiqah, Apakah Boleh?


Islamedia.co - Assalaamu 'alaikum wrwb, Ustadz, Saya ingin berkurban atas nama istri saya (istri saya belum melaksanakan akikah) dan kata panitia kurban nya, "kalau dia belum di akikahkan maka dia belum bisa untuk ikut berkurban", apakah itu betul?. 

Terima kasih sebelumnya, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu. Salam
  
Wa'alaikum salaam WrWb

Tidak ada dalil yang melarang seseorang berkurban jika belum melakukan akikah. Dengan kata lain, kurban boleh dilakukan oleh seseorang meski ia belum melakukan akikahi atau diakikahi.

Dalam hal ini hukum akikah itu sendiri adalah sunnah muakkadah. Jika mampu hendaknya dilakukan pada hari ketujuh kelahiran dan jika tidak mampu bisa ditunda kehari keempat belas, kedua puluh satu, atau kapan saja ia mampu. Bahkan meski sudah dewasa menurut sebagian ulama.

Namun demikian menurut Imam Ahmad kalau seseorang sudah berkurban, tidak perlu lagi melakukan akikah karena qurban tersebut telah mencukupi dan mewakili. Suatu ketika Imam Ahmad ditanya tentang kurban yang diperuntukkan untuk seorang anak, apakah hal itu sudah bisa menggantikan akikahnya? Beliau menjawab, "Aku tidak tahu. Akan tetapi ada yang berpendapat demikian. (Yaitu dari kalangan tabiin)." Imam Ahmad sendiri menegaskan, "Aku berharap semoga kurban yang dilakukan bisa menggantikan akikah orang yang belum diakikahi insya Allah." 

Demikianlah yang disebutkan dalam kitab Tuhfatul al-Maudud li Ahkamil Mawlud.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb
SyariahOnline.com