Venezuela Siap Tampung Anak-Anak Yatim Piatu Palestina



Islamedia.co - Setelah Pemerintah Turki yang telah lebih dulu membantu warga Gaza, Pemerintah Venezuela pada hari Kamis (14/8) telah mengumumkan bahwa mereka siap menampung anak-anak Palestina yang telah menjadi yatim piatu karena serangan militer Israel di Gaza.
Pengumuman itu diumumkan setelah Presiden Nicolas Maduro bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki.

Jumlah pasti berapa anak yang akan ditampung belum terungkap.

Pada hari Rabu (13/8), al-Maliki mengunjungi negara Aragua, untuk mencari rumah penampungan bagi anak yatim piatu Palestina,  ia bertemu Gubernur Tareck El Aissami, pria keturunan Suriah-Lebanon.

Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua bertemu perwakilan badan anak-anak pengungsi PBB di Kairo awal bulan ini. Dia mengatakan bahwa Venezuela telah “secara resmi memberitahu” otoritas Palestina bahwa negara “siap untuk menyambut anak-anak ini.”

Ada laporan yang saling bertentangan mengenai apakah anak-anak akan diizinkan untuk tinggal di Venezuela dan disiapkan untuk diadopsi oleh penduduk setempat atau apakah Venezuela akan memberi mereka tempat berlindung sampai mereka dapat kembali dengan selamat ke Gaza.

“Kami akan membawa mereka ke Venezuela untuk membesarkan mereka dengan kasih dan, dengan persetujuan dari negara Palestina, kami akan menemukan ibu-ayah untuk beberapa anak-anak ini” kata Presiden Venezuela, Nicolas Maduro.

Setelah pertemuan dengan Maduro, al-Maliki memuji Venezuela atas dukungannya untuk Gaza, di mana lebih dari 1.900 warga Palestina tewas oleh pemboman Israel.

Venezuela telah mengirimkan bantuan 12 ton ke Palestina melalui Mesir pada hari Selasa. Sedangkan pada hari Rabu rakyat Venezuela mengumpulkan bantuan kemanusiaan seberat 300 ton yang akan segera dikirimkan ke Jalur Gaza. (ELF)