Luar Biasa, Warga California Hadang Kapal Israel Berlabuh


Islamedia.co - Ribuan demonstran berjalan menuju pelabuhan Oakland, California utara, pada Sabtu (16/8/2014) guna mencegah kapal Israel berlabuh.

“Biarkan dunia mencatat bahwa pada tanggal 16 Agustus 2014, kami mencegah kapal Zim yang mendukung apartheid untuk kedua kalinya masuk ke dermaga dan membongkar muatan di mana saja di Pantai Barat,” kata pernyataan resmi dari the Arab Resource and Organizing Center (AROC) ketika tersiar kabar sebuah kapal kargo Israel  telah memilih untuk tetap berada di laut, untuk menghindari demonstran.

Berita yang tak banyak dimuat memdia ini awalnya ditulis di blog pribadi seorang bernama Charlotte Silver hari Ahad (17/8/2014) lalu dikirim ke The Electronic Intifadah.

Para aktivis itu melihat keberhasilan mereka  menunda kapal kargo Israel membongkar  muatan di Oakland sebagai kemenangan yang signifikan bagi aksi solidaritas untuk Palestina, terutama mengingat serangan Israel selama sebulan terhadap penduduk sipil Gaza.

Selama lebih dari dua minggu, para aktivis solidaritas Palestina telah memobilisasi jaringan mereka sendiri serta melibatkan para pekerja pelabuhan yang tergabung dalam  Persatuan Pekerja Galangan Kapal dan  Pekerja Gudang International untuk memastikan pelabuhan Oakland tertutup bagi kapal Zim yang biasanya datang seminggu sekali.

Jasa Pengiriman Korporasi Zim adalah perusahaan kargo maritim internasional Israel.

Pada Jumat malam layanan pelacakan kapal secara online menunjukkan kapal kontainer Zim Piraeus tetap berada di laut lepas Monterey, California, dan tidak berlabuh di Oakland seperti yang telah diharapkan.

Menunda  masuk ke dermaga dapat menambah biaya yang signifikan bagi Zim serta dapat menahan pengiriman kargo ke tujuan akhir.

Para aktivis percaya, ini adalah efek langsung dari mobilisasi di dermaga.

Para penyelenggara aksi menunda aksi yang semula  dijadwalkan akan diadakan pukul 05:00 Sabtu pagi,  lalu mengirim kabar kepada para peserta melalui media sosial dan email untuk berkumpul pada pukul 15:00, ketika pergantian shift para pekerja pelabuhan

Reem Assil, aktivis dari the Arab Resource and Organizing Center mengatakan kepada The Electronic Intifada bahwa para penyelenggara protes menduga manuver kapal Zim menuju laut lepas Monterey merupakan upaya untuk meredakan daya gerak aksi itu.



https://www.middleeastmonitor.com/images/image-gallery-slideshow/2014/20140817_AmericansTryAndStopIsraeliShipDocking/Oaklandportnew3.jpg

Tapi pada hari Sabtu (16/08/2014) sore, ratusan orang berkumpul di stasiun angkutan umum West Oakland BART untuk berjalan menuju ke pelabuhan secara massal untuk mengadakan protes.


Logo for Boat Blockade protest
Logo for Boat Blockade protest


Bahkan sebelum para demonstran berhasil sampai ke dermaga, para  penyelenggara protes mendapat kabar kapal Zim akan tetap di laut dan tidak berlabuh di Pelabuhan Oakland.






close
Banner iklan disini