Ga Pernah (Kapok) Mudik

Islam edia .co - Bagi kami kami orang yang hidup di perantauan salah satu kebahagiaan tersendiri dan mungkin juga kebanggaan adalah bisa p...

Islamedia.co - Bagi kami kami orang yang hidup di perantauan salah satu kebahagiaan tersendiri dan mungkin juga kebanggaan adalah bisa pulang kampung minimal satu tahun sekali tiap tahun yaitu ketika lebaran tiba.

Meski hanya di Indonesia tradisi mudik saat lebaran, meski ga ada salahnya bisa sering-sering mudik tidak hanya saat lebaran saja tiap bulan misalnya atau bahkan tiap pekan, kalo yang ini mah bukan mudik lagi namanya tapi pejabat PJKA(Pulang Jum at Kembali Ahad) wkwkw

Bukan masalah detail prosesi permudikan yang akan saya bahas, cuma ingin sedikit berbagi pengalaman suka duka(eits banyak sukanya ding) mudik alias pulang kampung lebaran 2014)
Mumpung masih hangat turun dari penggorengan agar lebih nikmat dihidangkan hahah

Semoga ini bagian dari pengamalan dari surat Ad Dhuha ayat terakhir jika mendapat nikmat maka berbagilah (meski hanya cerita)

Jangan ditanya semua orang yang pernah mengenal kami terutama rekan-rekan seperjuangan tempat kami mengajar, murid-muridku faham betul bahwa bu Anin adalah aktivis berat mudik, sampai-sampai muridku yang kupasrahi buat jadwal sudah berinisiatif duluan meliburkan tanggal-tanggal yang sekiranya saya pasti pulang kampung meski hanya libur 3-4 hari apalagi akhir semester hehe.

Tiap kali lebaran selalu diagendakan pulang kampung, karena aku dan suamiku satu kampung halaman jadi tidak ada arisan jadwal kemana harus pulang(salah satu nikmat dapat jodoh satu kampung hehe).

Tidak seperti awal-awal pernikahan mudik kapan saja bisa langsung jalan, di samping pada waktu itu fasilitas pembelian tiket terutama kereta(moda favorite kami) bisa di dapatkan kapan saja dan mudah.

Sekarang tiket lebih susah di dapat karena 90 hari sebelum keberangkatan bisa di pesan, namun memang fasilitas dari PT KAI lebih berkualitas, tak ada lagi desak-desakan, copet, penjual keliling yang kadang berisik, ditambah semua kelas sudah be AC. jadi ga kepanasan.

Tapi yaitu tadi tiket lebaran sudah habis bahkan sejak hari pertama dibuka pesanan, yang lebih mudah lagi pesanan online, jadi tidak lagi ngantri seperti ngantri sembako wkwk.
Sistem tersebut mengindikasikan siapa cepat dia dapat.

Karena suamiku bekerja sebagai PNS terkadang jadwal bisa cuti atau tidak di saat lebaran belum bisa dipesan jauh-jauh hari seperti beli tiket kereta. Jadi kadang tidak sinkron antara rencana dengan kenyataan.

Alhasil tahun ini kami tidak bisa membeli tiket jauh-jauh hari seperti pesan layanan PT KAI "tiket bisa dipesan sejak H - 90 hari keberangkatan".

Kala itu teman-teman baik di dunia maya maupun nyata sudah
ramai membicarakan tentang mudik tidaknya lebaran kali ini.
Ketika ditanya "mudik ga?". "Insyaa Allah" jawabku optimis.
"Wah dah dapet tiket dong?".
Kujawab "belum, yah yakin saja pasti bisa mudik entah bagaimana caranya, heheh"

Ya aku yakin niat baik Allah pasti menolong, mudik meski mungkin bukan hal yang wajib namun didalamnya ada nilai ibadah ketika kita meniatkan kebaikan di sana, menjenguk orang tua, bersilaturrahim dengan sanak saudara, teman yang lama tidak berjumpa, nostalgia kenangan indah di sana, merupakan charge dan sumber energi tersendiri kalo yang ini. Bahkan dalam capaian lebih luas dalam ilmu ekonomi, mudik itu salah satu sarana agar ekonomi berjalan(menyebar) karena terjadi peredaran uang di daerah, tidak saja hanya di kota besar, namun juga di kota kecil kabupaten, kecamatan, desa tempat kita berasal(wuisss ada analisis ekonomi segala hahah, iya dong)

Selain itu yang jelas dengan mudik mengistirahatkan crowded dan padatnya aktifitas di kota sehingga "tradisi macet" pun kadang pindah ke daerah.

Itu yang menjadikan kami selalu bersemangat untuk pulang kampung apapun caranya haha.

Allah mengabulkan permohonan kami untuk bisa pulang kampung lebaran tahun ini meski belum beli tiket jauh jauh hari karena jadwal cuti yang takpasti. Kebetulan suami dapat tugas dinas soaialisasi suatu program Anggaran Keuangan Negara dari kantornya di kota tempat kelahiran dan orang tua kami tinggal, "Purworejo never ending tresno"(minjem istilahnnya anak CPP)*
Kebetulan Ramadhan kali ini bertepatan dengan libur sekolah, dan anak-anak sudah saya pulangkan dahulu di awal Ramadhan. Jadi tinggal aku dan suamiku berdua#eaa.

Yang menjadi bonus selanjutnya adalah kami bisa pulang seminggu lebih awal dibanding jadwal libur cuti bersama yang resmi, sehingga lebih lama di kampung halaman. Terlebih yang menjadi bonus kuadratnya adalah biaya mudik suami di tanggung negara, eits gausah curiga dulu kalo aku bayar dengan uang pribadi kami.

Qodarallah lagi meski kurang lebih H-9 dari lebaran tiket kereta sudh habis juga. Akhirnya kami memutuskan untuk membeli tiket pesawat, dan Alhamdulillahnya lagi dapet tiket promo dari Garuda.

Kalimat syukur Alhamdulillah senantiasa kami panjatkan pada Allah akan banyak nikmat dan karuniaNya saat itu.

Cerita tak selesai sampai di situ yang lebih heroik lagi adalah ketika kami memburu tiket balik. Seperti di awal bahwa kami pulangnya tidak terjadwal dan terencana karena cuti yang belum pasti ter ACC. Jadi kita baik mudik maupun balik ga ada tiket, hanya berbekal "Yakin" dan juga doa baik doa kami sendiri juga temen-temen yang sangat baik pada kami.

Tanggal 4 adalah hari pertama suami harus masuk kantor, sedangkan Aisyah anak kami, tanggal 6 masuk sekolah, adalah hal yang sangat terlalu jika dia harus bolos lagi sd tanggal 11/12 masuk sekolah, karena ketika Ramadhan lalu dia sudah izin sepekan untuk tidak masuk sekolah sebab sudah kami pulangkan dahulu.

Sedangkan aku sendiri meski tidak terlalu terikat pada sanggar tempatku mengajar masih ada beberapa agenda dan peer yang harus diselesaikan sebelum tanggal 11 ketika masuk perdana.
Singkat cerita intinya kami harus sampai di Jakarta selambat-lambatnya tgl 4 atau tanggal 5 pagi hari.

Sedang tiket terutama kereta, ketika kami cek baik via online, datang langsung ke stasiun, maupun agen tiket sudah habis sd tanggal 11, dan baru ada tanggal 12 di semua kelas. Oh nooooo,.....bgaimana ini? Kami tak putus harapan dan terus berusaha, dengan memantau terus agen-agen tiket online meski sinyal internet di kampung seperti keong wkwk. Kenapa ga nyari travel? atau bis? atau pesawat? hasilnya sama sudah pada habis di booking sampai tanggal 5. Kalaupun ada tinggal 1 kursi, sedangkan kita butuh 3 kursi. Sampai 2 hari full kita habiskan untuk nyari tiket balik, demi bisa kembali ke Jakarta menggapai asa dan cinta.#ea

Genap 12 agen tiket dan stasiun kita datangi hasilnya nol, alias full. Saking semangatnya ada kejadian lucu kalo ada tulisan agen tiket kita berhenti dan bertanya kalo-kalo masih ada tiket buat kami, atau sekedar meninggalkan nomer hp agar sewaktu waktu terjadi pembatalan tiket bisa menghubungi kami.
Dan diantaranya kami masuk agen tiket pariwisata, "maaf mas sini tidak melayani perjalanan antar kota, kami melayani perjalanan wisata". Kami tinggalkan agen tiket itu dengan langkah lesu namun lumayanlah sempat ngadem diruang AC meski sebentar heheh. Dalam hatiku masih tetap yakin Allah pasti punya rencana tersendiri untuk kami. Aku minta juga doa dari temen-temen agar bisa balik ke Jakarta. Sampai terharu dengan sambutan agar bersholawat dari ustadz ketua yayasan kami.

Namun demikian, kami takpupus harapan masih berusaha ditengah kesempitan, sambil pasang modem meski sinyal kurang bershahabat. Mengklik beberapa agen, tiket online traveloka, PT KAI, pergi pergi.com, lion air, sampai apalah yg ujung-ujungnya jual beli tiket dotcom kami klik haha.

Ditengah kegalauan suami sempat ngobrol dengan imam masjid desa kami. Salah satunya tentang rencana keberangkatan putranya ke kota Bandung untuk menuntut ilmu. Ternyata eh ternyata dia mengeluhkan belum dapat tiket juga. Kemudian suami ingat bahwa sebenarnya masih ada tiket kereta mutiara malam tinggal satu kursi ke Bandung. Kebetulan kemarin juga sempat ditawari untuk ke Jakarta via kereta lewat bandung.
Namun aku berpikir ulang kok repot amat yak?nanti sampai Bandung harus nyari angkutan lagi. Akhirnya kami lepas. Malam itu ketika online masih ada satu kursi yang akhirnya diserahkan kepada putra pak imam masjid tadi. Mereka bahagia sekali.

Aku berdoa semoga dengan membantu mencarikan tiket tadi, memudahkan kami mendapat tiket ke Jakarta.

Malam itu hari Sabtu 2 Agustus kami masih berusaha online lagi, sempat ada 1 tiket pesawat lion tersedia, itu artinya hanya bisa suamiku saja yang berangkat. Setelah berdiskusi intinya aku kurang sreg, nanti aku harus berangkat kemudian hari atau entah kapan. Nah qadarallah setelah diklik untuk pesan, ternyata sudah tdk tersedia alias sudah laku dalam hitungan menit.

Kami sempat putus asa, akhirnya kita coba lagi untuk penerbangan diluar Jogjakarta-Jakarta, pilihan suamiku ada dari Semarang-Jakarta, karena kita coba Solo-Jakarta juga sudah habis terpesan. Alhamdulillah masih tersedia 3 kursi sesuai kebutuhan kami. Untuk penerbangan Ahad 3 Agustus. Langsung kami pesan. Dan ternyata itu adalah tiga kursi terakhir yang dipesan. Setelah itu, beberapa menit kemudian sudah tidak tersedia.

Meskipun jarak Purworejo Semarang itu memakan waktu 3,5 jam perjalanan normal, kami ambil saja, daripada suami harus bolos dihari pertama, atau keberangkatan kami yang terpisah-pisah.
Balik ke Jakarta dapat bonus piknik ke simpang lima haha. Iya karena kami harus datang lebih awal takut kena macet Purworejo Semarang, eh ternyata alhamdulillah lancar jaya. Karena masih siang kami masih sempat jalan jalan di simpang lima plus wisata kuliner khas Semarang tahu gimbal.

Disini banyak hikmah yang bisa kami ambil diantaranya yakinlah pertolongan Allah itu pasti datang di detik-detik terakhir dalam kepayahan usaha yang maksimal, dimana kita sudah pasrah hanya Dia yang memampukan.


*CPP = Cah Purworejo Perantauan

Anindya Sugiyarto





Nama

#2019GantiPresiden,5,#cabutpermendikbudno.30,1,#kejahatanseksual,4,#palestina #aqsa #smart171 #aaw #aqsaawarenessweek headline nasional,1,#permen,1,#Permendikbudno.30,1,#seksbebas,4,#zina,1,212mart,1,aa gym,4,aadk,1,Aaw,1,ACN,4,ada apa dengan konsen,1,adara,1,ahmat davutoglu,1,ahzami samiun jazuli,1,aid al-qarni,1,aidit,1,air zam zam,1,ajat syaikhu,2,ak parti,1,akhrawi,1,akmal sjafril,4,AKP,6,aksi 112,1,aksi 115,1,aksi 212,2,Aksi 64,2,Aksi Bela Baitul Maqdis,1,aksi bela palestina,6,aksi kemanusiaan,1,aksi peduli aleppo,1,aktivitasdakwah,146,Aku Kamu Adalah Kita,2,al aqsha,4,al irsyad,1,al zawari,1,al-aqsa,1,al-qarni,1,al-qassam,1,al-qur'an,5,al-quran,4,alamislami,926,alaqsa,4,alasan logis mengelilingi ka'bah,1,alasan nikah muda,1,aleppo,6,aleppoisburning,1,alexis,3,alkhusairi,1,Allah,3,Almuzzammil Yusuf,2,alquds,1,alqur'an,2,alquran,41,Alvin,1,ambulans,1,amerika,7,amerika serikat,1,amien,1,Amien rais,5,anak,2,anak dilarang ke masjid,1,Anak Inggris Hafal Al-Qur'an,1,anak kembar,1,anak masjid,2,anak masjid ribut,1,anak palestina,2,anak pendeta,1,anak TK CHina baca Al Quran,1,anak-anak masjid,1,analisa,24,anggota dewan PKS,2,anggota dewan sederhana,2,anggota dprd bekasi,1,anggota odoj meninggal dunia,1,anggota parlemen,1,anggota PKI,1,Anggota TNI,1,anggota TNI Hafal Al Qur'an,1,anggota TNI Hafal Qur'an,1,angsuran bank,1,ani yudhoyono,1,anies baswedan,57,Anies sandi,8,anjing,1,anti lgbt,2,anti vaksin,7,Anya,1,aqsha,2,arab,1,arab israel,1,arab saudi,7,arab saudi jamin kesehatan warga yaman,1,arabic,3,ari purbono,1,arie untung,1,arifin ilham,3,artefak,1,as-sisi,1,asma nadia,2,asyuro,1,ataturk,1,ateisme hanya kenakalan saja,1,atheis,1,Aung San Suu Kyi,2,australia,1,Awkarin,1,ayah,8,ayat ayat cinta,2,azan,1,azan pengeras suara,1,azan turki,1,bachtiar nashir,1,bachtiar nasir,2,bahasa arab,1,baliho KB,1,bandara paris,1,bandung,4,bangkok,1,banjir,2,banjir Jakarta,1,bank riba,2,bantuan,1,bantuan kemanusiaan,1,bantuan turki,1,bantuan turki gaza,1,barat,1,barokah,1,basar asad,1,bashar asad,1,batik trusmi,1,bayan,4,bayar puasa,1,bds,1,bebas hutang,1,Begin Again,1,Belanda,1,belum hamil?,1,Bencana Purworejo,1,bendera,1,Bendri Jaisyurrahman,1,beras maknyus,2,berau,2,berita,4933,berita duka muhammad ali,1,berita nasional,4,beritafoto,51,bermain di masjid,1,bhiksu budha,1,bid'ah,1,bila ingin disebut Allah,1,bin,1,binali,1,birokrasi,1,bisnis,2,boikot,1,boikot starbuck,2,bom,1,bom depok,1,brasil,2,Britain,1,brunei,5,budha,2,bukan negero dongeng,1,buku,19,bunda yoyoh,15,burqa,2,buruh,1,busana,1,buya hamka,5,cadar,5,caesar,1,cagub jabar,1,cahyadi takariawan,1,caisar,1,cara mendidik anak,1,charles darwin,1,Charlie Hebdo,1,chelsea,1,China,4,cicak,1,cincin,1,cinta masjid,1,cirebon,1,corona,9,covid19,2,crane,2,cupink topan,2,daerah,7,dahlan iskan,4,dakwah,147,dakwahkantor,1,davutoglu,1,Deen Mohammad Shaikh,1,dembaba,2,demokrasi,1,demokratis,1,denny indrayana,1,denny JA,1,depok,2,derajat,1,dewan dakwah,1,Dibutuhkan Masjid Ramah Anak,1,Didin Hafidhuddin,1,dina lorenza,1,diskriminasi,1,Dk pbb,1,doa,1,doa gempa,1,dokter pembersih sepatu,1,dokter Tirta,1,Domingus Roudolsifa,1,Donal Trump,1,donald trump,3,Dosen Amerika Masuk Islam,1,dosen FMIPA UNY,1,dosen katolik masuk islam,1,dprd semarang,1,Dr Zakir Naik,5,dropship dalam Islam,1,Dropship halal,1,dropship haram,1,dsp pks,1,dunia,60,dunia islam,235,duniaislam,13,duta besar israel,1,duterte,1,e-ktp,1,egi john,4,Egyptair,1,ekonomi syariah,1,ekonomisyariah,90,ektp kepercayaan,2,elang gumilang,1,embunpagi,29,Entertainment,2,erdogan,57,Erez,1,eropa,3,Esebius Pomats,1,etika membutuhkan agennya,1,Eurasia,1,event,50,facebook,3,fahmi salim,1,farid nu'man,1,Fariq Zakir Naik,1,fatih,1,fds,1,felix siau,1,felix siauw,9,Feminisme,2,feriza,1,fethullah gulen,1,film 212,6,film islami,1,film pendek,3,fiqih,1,firanda adireja,1,FISIP Universitas Indonesia,1,flp,1,forum,1,foto,1,fpi,5,FPI Gaza,1,FPI Palestina,1,FPI peduli Palestina,1,FPKS,2,fpks dprd jakarta,2,fpks Jakarta,1,freemansory,1,gadis gereja masuk islam,1,gaji halal,1,gaji kecil,1,gardu listri,1,garuda,1,gatot,3,gay,1,gaza,26,gema keadilan,1,gempa,4,gerakan,14,gereja,1,gereja katolik,1,gerhana bulan,2,gerhana bulan total,1,ghazwul fikri,6,ghilad salit,1,gnpf mui,3,gnpf ulama,1,gojek,1,good governance,1,gpmp,1,Grand Metropolitan Mall Bekasi,1,gulen,2,gus nur,1,habib rizieq,10,habib salim,2,hadits,12,hafal al-qur'an,2,Hafalan Surat Yasin,1,hafidz anah,1,hafidz anak,1,hafidz quran,1,hafiz indonesia,1,Hafiz Indonesia RCTI,1,hagia sophia,2,haji,22,hak allah,1,halal haram dropship,1,hamas,7,hamil,3,hamka,2,handhphone ViTELL,1,hary tanoesoedibjo,1,hasan al banna,1,hasyim asyari,1,headline,8050,headline nasional,4,Helvy Tiana Rosa,1,hidayah,4,hidayatullah,1,hidup,1,hidup sederhana,1,hijab,2,hijrah,20,hikmah,27,Hindu Masuk Islam,2,Hizbut Tahrir,5,Hizbut Tahrir Indonesia,1,hmi,1,hoax,4,hti,11,hti dibubarkan,1,hukum dropship,1,hukum sropshipping,1,hukuman mati,1,hutang,1,ibadah haji,1,IBF 2918,1,ibnu mubarak,1,Ibnu Riyanto,1,ibu,2,ibu walikota padang,1,icc,1,idul adha,5,idul fitri,3,idul Fitri,4,idul Fitri Muhammadiyah,1,idulfitri,2,ikhwanul muslimin,2,iklan,15,ikrar syahadat,2,ikrar syahadat di yogyakarta,1,ikrimah,1,ilmu syar'i,1,ilmuan,1,IM,2,imam,1,imam malik,1,imunisasi,1,Indahnya Masjid MALL,1,indonesia,50,indonesia abstain suriah,1,Indonesia PBB,1,Indonesia salah PKI,1,indonesia tanpa jil,2,indosat,1,infoumat,20,injil barnabas,1,innalillahi muhammad ali,1,inspirasi,737,internasional,1836,intifadhah,1,Intifaha 3,1,intoleransi,1,irak,1,iran,1,Irfan Hakim Hafiz Indonesia,1,Irjen Pol. Prof. Dr. Iza Fadri,1,irwan prayitno,3,irwansyah,1,isbal,1,isil,1,isis,1,islam,11,Islam Bersatu,1,islam bukan agama arab,1,islam liberal,1,islam papua,1,islam-download.net,1,islamediaredaksi,38,islamophobia,1,Ismail Yusanto,1,israel,26,Israel hentikam bantuan luar negeri,1,Israel pasang kamera pengintai,1,istambul,1,istiqlal,2,istiqomah,1,istri,2,Italia,3,itikaf,3,itj,3,itj bandung,1,ITJ Jakarta,1,jamaah,1,Jamaah Tabligh,1,jamin kesehatan,1,jangan ada tebang pilih dalam kasus penistaan agam,1,jangan lakukan ini,1,janji kampanye,1,janji pemerintah,1,jepang,1,jidat hitam,1,jihad,2,jihad islam,1,jilbab,3,jilbab diskriminasi,1,jilbab pramugari,1,JK,1,jodoh,1,jomblo,1,jordania,1,jual cincin,1,jurnal ramadhan,1,jurnalistik,3,jurnalistik dakwah,1,Jusuf Kalla,2,Juventus,1,ka'bah,3,kairo,1,kajian,29,kalender arab saudi masehi,1,kalender hijriah,2,kalender masehi,1,kanada,1,kangen band,1,Kapan Muhammadiyah Lebaran,1,kapan nikah,2,Kapolda Sumsel,1,karikatur,8,kaset,1,kashmir,1,kasunanan surakarta,1,Katharina Sutarni Sutanty,1,Katharina Sutarni Sutanty masuk islam,1,katolik,1,katolik masuk islam,2,katolik merapi,1,katolik papua,1,kawin,1,kdm,1,kebakaran,1,Kebangkitan,2,kedaulatan rakyat,1,kejam,1,kekejaman PKI,1,keluarga,183,kemenag,1,kenaikan upah,1,kepala suku papua,1,Kepanduan,1,kepenulisan,1,kesehatan,44,kesultanan yogyakarta,1,ketahanan keluarga,1,Kevin James,1,KH Arifin Ilham,1,khalid,1,khalid misy'al,1,Khilafiyah,1,khitbah,1,khusuf,1,khutbah,3,khutbah idul adha,1,khutbah idul fitri,1,khutbah jumat,1,Kiai Idham Chalid,1,kiamat,1,kiblat,1,kislap,1,kitab suci,1,kitabisa,1,kiyai slamet,1,KMGP,1,knrp,20,knrp jawa timur,2,kodam,1,koin,1,komnas,1,komunis,3,komunis china,2,Komunitas aci,1,konsep diin,1,konsep kebahagiaan dalam islam,1,konstantinopel,2,korban tragedi mina asal indonesia,1,korea,1,korupsi,3,korupsi e-KTP,1,KPK,3,krl,2,kronologis penembakan al-qarni,1,kudeta,2,kudeta gagal,1,kudeta militer turki,1,kudeta turki,4,kultwit,226,kurban,2,Kuwait,1,larangan mendidik anak,1,Letkol I Wayan Arta,1,Letkol I Wayan Arta Hafal Al-Qur'an,1,LGBT,14,LGTB,1,Libya,2,Lifestyle,1,logo HTI,1,logo palu arit,2,logo pki,1,london,2,lowongan,1,LPOI,1,lukis wajah nabi,1,lukman hakim saifudin,2,ma,1,Maariya Aslam,1,mabit,2,Madinah,2,madrasah,1,mahathir,4,maher zain,1,mahmud,1,mahram,1,Mahyeldi Ansyarullah,1,Makanan,1,makkah,2,malaysia,3,malik,1,Mall Pasar Raya Manggarai,1,Malta,1,mandi wajib,1,mandul,1,manggarai,1,manhaj,16,manusia dan kebahagiaan,1,marah,1,marbot masjid,1,maroko,1,Mas Gagah,1,masjid,4,Masjid Ahmet Akseki Camii,1,masjid al aqsa,2,Masjid Al Latief,1,Masjid Al Latief Pasar Raya manggarai,1,masjid blom m square,1,masjid di turki,1,masjid gede kauman,2,masjid kokas,1,masjid nabawi,1,Masjid Pasar Raya Manggarai,1,masjid turki,2,masjidil haram,3,masuk islam,4,mata uang,1,mavi marmara,1,MCI,2,membawa anak ke masjid,1,Memeluk Islam,1,menang,1,menangis,1,mendagri tjahjo kumolo,1,mendidik anak,2,mengelilingi ka'bah,1,menghormati yang tidak berpuasa,1,menikah muda,1,meninggal dunia,3,menteri agama,3,mentoring,1,menulis,2,menuntut ilmu,1,menyebabkan stroke,1,merasa benar,1,merdeka,1,mesir,161,messi,2,Mesut ozil,1,mie babi,1,mie instant korea,1,migran,1,milad fpi,2,militer turki,1,mimpi,1,mimpi bertemu Rasulullah,1,mina,4,minta maaf PKI,1,minta maaf ramadhan,1,misyal,1,MLM haram,1,MLM itu haram,1,modern,1,mogok,1,Mossad,1,mtq,1,mts walisongo,1,MTT,2,mualaf,46,mualaf Budha,1,mualaf center indonesia,1,mualaf hindu,1,Mualaf Hindu Masuk Islam,2,mualaf kristen,1,Mualaf Pakistan,1,muallaf,14,mudik,1,Muhamad Ali meninggal dunia,1,Muhammad Abduh Tuasikal,1,Muhammad Al Fatih,1,muhammad ali,5,muhammad ali bicara kematian,1,muhammad ali masuk islam,1,muhammad ali mati,2,muhammad ali meninggal dunia,2,muhammad ali wafat,2,Muhammad badie,1,Muhammad Najeeb Abdur Razzaq,1,Muhammadilah Idul Fitri,1,muhammadiyah,8,muhammadiyah idul fitri 2016,1,Muhammadiyah Idul Fitri 6 Juli,1,Muhammadiyah Lebaran Rabu,1,muharam,1,MUI,5,munajat 212,1,murabithun,1,mursi,7,mursyid am,1,museum,1,museum nasional,1,Muslim,11,muslim bosnia,1,muslim myanmar,2,Muslim Paris,1,muslim perancis,2,muslim rohingya,3,muslimah,48,mustafa kemal pasha,1,mutabaah harian ramadhan,1,muzammil hasballah,6,myanmar,6,Nabawi,1,nabi,2,nama foundation,2,nandang burhanudin,1,nasihat,96,nasioanal,1,nasional,774,nasional. palestina,1,nasional. pilgub jabar 2018,1,nasional. pks,1,nasional. spi Jakarta,3,nasonal,2,nasyid,74,nativisasi,2,nato,1,Nazia Ali,1,nenek ikrar syahadat,1,Nenek Katharina Sutarni Sutanty,1,nenek katolik masuk islam,1,nenek masuk islam,1,neno warisman,1,netanyahu,2,new york times,1,ngo,1,Nico Ardiansyah,1,nikah,109,nikah 17 tahun,1,Nikah massal gaza,1,nikah muda,1,nikah murah,1,nikah tanpa pacaran,1,nimr al nimr,1,novel baswedan,8,november,1,NU,3,nusantara,1,obama,2,odoj,18,oemar mita,1,ok oce,1,oki setiana dewi,2,Okoso Zukin,1,opini,269,orang benar,1,orang merasa paling benar,1,ormas seragam tni,1,oslo,1,ottoman,3,pahlawan,1,palestin,1,palestina,1047,palestina suruah,1,palestinaterkini,64,pangeran saudi,1,pantai padang,1,panti wreda,1,papua,3,parenting,12,paris,1,parlemen,1,partai 212,3,partai berkuasa,1,partner,2,Pasar Raya Manggarai,1,PBB,3,PBB Suriah,1,pedang,1,peduli,208,pemakaman muhammad ali,1,pembunuhan ahli drone,1,pemeluk katolik masuk islam,1,Pemerintah Turki,1,pemilu,2,pemilu 2019,1,pemilu turki,1,pemimpin serbia,1,pemkot,1,pemuda papua ikrar syahadat,1,pemuda papua masuk islam,1,pemukim ilegal,1,pemukim yahudi,1,penakhlukan konstantinopel,1,Penaklukan Konstantinopel,1,penembakan,1,penemu,1,Pengadilan Surambi,1,pengajian,1,pengeras suara,2,Penghafal Al-Quran,1,pengungsi,2,pengungsi suriah,1,pengusaha golf masuk islam,1,pengusaha muslim,1,penista agama,1,penjahat peranng,1,penjajah israel,1,penyimpangan asyuro,1,peradaban,1,perancis,3,perasaan,1,perempuan peradaban,1,Peringatan Milad ke 563 Tahun Penaklukan Konstantinopel,1,pernikahan,2,perppu ormas,2,Persahabatan,1,persatuan islam,1,Persatuan Ulama Muslim Internasional,1,persis,2,philipina,1,pilgub jabar,2,pilkadadki,5,pilpres,1,Piprim Basarah Yanuarso,2,pki,4,PKI menyerang Gontor,1,pks,75,PKS Kota Tegal,1,pksmuda,1,PLN,2,plularitas,1,poligami,2,polisi sholeh,1,polisi tilawah al quran,1,politik,19,potong kuku,1,PPP,1,prabowo,1,prabowohatta,1,prancis,1,prasasti,1,Prasetyo Budi .W,1,presiden,2,presiden mesir,1,presiden pks,1,presiden Turki,1,pria suriah,1,proklamasi,1,puasa,2,puasa senin kamis,1,puasa syawal,1,puisi,3,pulung sampah padang,1,purwokerto,1,putin,3,Putra Arifin Ilham,1,putri yusuf mansur,1,putri Yusuf Mansur Mimpi Bertemu Rasulullah,1,qatar,8,qunut,2,Qunut Shubuh,2,qur'an,3,qurban,6,r4biah,8,rabia,1,rabiah,1,Rabithah Alawiyah,1,radio,1,Radovan Karadzic,1,raja arab,1,raja faisal,1,raja salman,5,rakyat,1,ramadan,1,ramadhan,99,ramadhan 1437,1,Ramadhan di Paris,1,ramah anak,1,referendum,1,referendum turki,2,rekaman kajian,1,rekaman kajian ilmiah,1,Relawan PKS,1,remaja,46,resensi,3,resepsi mahal,1,resepsi pernikahan,1,resolusi,2,resolusi dk pbb,1,reuni 212,14,Revolusi,1,reyhan,1,reza noah,1,rezeki,1,rezeki milik siapa,1,riba,3,ridley,1,ridwan kamil,13,ridwan tulus,1,Rimpu Bima NTB,1,Rimpu Colo,1,Rimpu Mpida,1,rindu sang murabbi,1,Rodrigo Duterte,1,rohingya,14,rohis,2,rokok,1,ronaldo,1,rumah makan,1,Rumah Tangga Sakinah,1,rumah zakat,2,rusia,4,Ruu kk,1,ruu pks,4,ruutpks,2,RZ,1,sabana,1,sadiq khan,4,sakinag,1,salah alarouri,1,salaman,1,salim a fillah,4,salim segaf,1,Sally Giovani,1,Sally Giovanni,1,samuel etoo,1,sandiaga uno,8,saptuari,5,saptuari sugiharto,1,sari roti,2,sarjana,1,sastra,163,saudi,2,sby,2,SDIT,1,sedekah,1,sedih,1,sejarah,12,sejarah islam,4,sejarah palestina,1,sekolah,5,sekolah pemikiran islam,7,selfie,1,semarang,1,seni,9,senyum,1,setya novanto,1,shalit,1,shamsi ali,1,shaum,1,SHIELD,3,shoes and care,1,shola idul fitri,1,sholat,2,sholat ashar,1,sholat berjamaah,2,silatnas 2017,1,sim gratis,1,sirah,1,siroh,52,smart171,1,Smartphones,1,soeharto,1,soekarno,1,sohibul iman,4,solo,2,somalia,2,Sonia Ristanti,1,sosial,2,spanduk,1,spi,12,spi bandung,11,Spi fatahillah,1,spi jakarta,38,SPI Tangerang,1,spj,1,sri lanka,1,steven indra wibowo,1,suami sholeh,1,suara ibu,1,suara pembaca,1,suarapembaca,107,sudah hamil?,1,Sudan,2,sudrajat syaikhu,2,sukmawati,18,sukmawatii,1,suku pedalaman,1,suku wana,1,sulawesi tenggara,1,suleiman,1,sultan murad,1,sumbar,1,sundar,1,surah,1,surahman hidayat,1,suriah,26,suster katolik,1,swedia,1,swiss,2,syafii antonio,2,syahadat,3,syahid,1,syaikh yusuf al-qaradawi,2,syam,1,Syamsul Falah,1,syariah,146,syariat,1,syawal,1,syeik al-qarni,1,Syeikh Al-Qarni,1,syekh,1,syiah,7,Syiekh Sholah al Budair,1,taaruf,2,taat suami,1,Tabloid Indonesia Barokah,1,tabrakan mobil di saudi,1,tahuidullah,1,takdir,1,tanpa riba,3,tanyajawab,75,tarbawi,45,tarhib,1,tato,1,taujih,2,taujih online,53,Tausyiah,17,Tech,6,tedc,1,teheran,1,teknologi,4,teladan,91,Telkomsel,2,tenggelam,1,tentang dahlan iskan,1,Tentang Oki Setiana Dewi,1,Tentara,1,tentara israel,1,Tentara Korea,1,tepi barat,1,tere liye,2,teror,2,teuku wisnu,4,thulabiy,133,tidur,1,tidur sahur stroke,1,tidur setelah sahur,1,tikam,1,tilawah,3,time,1,timur tengah,1,tinggalkan riba,1,tips,9,tips menulis,1,tips trik menulis,1,Tirta Mandira Hudhi,1,TNI,4,togutil,1,tokoh,15,tol bawah laut,1,toleransi,1,tolikara,1,tqd,11,tradisi bid'ah,1,tragedi,2,trump,7,Tsabit bin Ibrahim,1,tsaqofah,140,tsunami,2,tukang sayur,1,tuna rungu mualaf,1,tunahan kuzu,1,tunisia,1,turki,72,tvone,1,ubn,1,uganda,1,uighur,3,ukhuwah,11,ukmi,1,ulama,1,ulil,1,Ulil Abshar Abdala,1,umahat,62,umar,1,umar bin abdul azis,1,umat,14,Ummi Pipik,1,Unesco,2,uni eropa,1,Univsersitas Islam Gaza Palestina,1,upah minimum,1,usradz Firanda adirja,1,ustadz,66,ustadz abdul somad,20,ustadz adi hidayat,8,Ustadz Arifin Ilham,4,ustadz Felix,4,ustadz hanan attaki,1,Ustadz Hasan Lubis,1,ustadz hilmy,1,ustadz zulkifli,1,utang,1,utsmani,1,vaksin,8,van damme,1,video,18,vitell logo pki,1,wahabi,1,wahyu dan kenabian,1,wali kota padang,1,walid,1,Walikota Bogor Bima Arya,2,walikota muslim london,1,walikota padang,1,walimah murah,1,wanita amerika,1,warga amerika ikrar syahadat,2,warga gaza,1,warga palestina,1,warga suriah,1,warga yaman,1,wawancara,37,White helmet,1,wilders,2,wirausaha,17,Wirda Salamah Ulya,1,Wirda Yusuf Mansur,1,worldview islam,2,xinjiang,1,Yaminah Elsyaib,1,Yasser arafat,1,Yerussalem,3,yudas iskariot,1,yunani,1,yusuf alqaradawi,1,yusuf mansur,1,Yusuf Qaradawi,1,yvonne,1,zakat,6,Zakir Naik,7,
ltr
item
Islamedia - Media Islam Online: Ga Pernah (Kapok) Mudik
Ga Pernah (Kapok) Mudik
http://2.bp.blogspot.com/-K5kL9Wyppw0/U-sFFjQA9CI/AAAAAAAAA6s/Zy8MdozA3ic/s1600/islamedia.co%2Bmudik.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-K5kL9Wyppw0/U-sFFjQA9CI/AAAAAAAAA6s/Zy8MdozA3ic/s72-c/islamedia.co%2Bmudik.jpg
Islamedia - Media Islam Online
https://www.islamedia.id/2014/08/ga-pernah-kapok-mudik.html
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/
https://www.islamedia.id/2014/08/ga-pernah-kapok-mudik.html
false
4462325520328585611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content