Aksi Pengusiran Warga Kebangsaan Israel di Turki Semakin Meluas


Islamedia.co - Sejumlah pihak yang menamakan diri aktivis penggalangan sikap untuk mendakwa kelompok yahudi Turki yang berkebangsaan Israel yang ikut dalam agresi Zionis di Gaza.

Hari demi hari, jumlah warga yang ikut dalam aksi solidaritas Palestina terus bertambah. Bahkan gerakan ini menjurus aksi yang mereka sebut, “Kami tak ingin satu serdadu Zionis di negara kami”. Gerakan ini meminta kwarga negaraan kaum yahudi yang tinggal di Turki ini segera dicabut. Terutama bagi mereka yang terbukti terlibat dalam perang ke Gaza. Mereka harus segera diadili menurut undang-undang negeri tersebut.

Kelompok ini berhasil mengumpulkan ribuan pendukungnya dan meminta pada hari Jum;at kemarin untuk berkumpul di universitas Al-Fatih kota Istanbul dan menegaskan, tuntutanya.

Proses Hukum

Bersamaan dengan ini, massa mendesak dilakukannya proses hukum melalui surat tuntutan mereka sebanyak 1100 surat yang ditanda tangani puluhan ribu warga Turki dari berbagai wilayah meminta parlemen untuk mencabut kwarganegaraan Yahudi Turki yang ikut dalam perang Gaza kemarin. Sekretaris bidang penerangan, Ahmad Farwal mengatakan, tuntutan untuk menghapuskan kwarnegaraan yahudi Turki mendapat dukungan luas dari kalangan bangsa Turki yang berpendapat negaranya harus mendukung masalah Palestina.

Dalam pernyataanya di situ Aljazeera.net ia mengatakan, aksi ini menggambarkan bagaimana perubahan itu terjadi selama 20 tahun terakhir terkait masalah Palestina. Farwal berpendapat, orang-orang yahudi yang terlibat dalam agresi Gaza kemarin harus menentukan kwarganegaraanya. Apakah mereka sebagai tentara Zionis atau tetap sebagai warga Turki.

Ia mempertanyakan, apakah dunia akan diam saja, melihat Turki mengirimkan prajuritnya untuk membantu saudaranya di Palestina dalam perang ini ?. aksi ini diwarnai pengibaran bendera serta spanduk yang mendukung Palestina. Pada saat yang sama kalangan pemerintah dan partai-partai, baik yang mendukung atuapun partai oposisi dari berbagai latar dan perbedaananya mendukung bangsa Palestina dan menolak agresi Zionis. Mereka juga menampilkan wajah seorang serdadu Zionis yang sedang memakai bintang David yang merupakan logo dari negara Israel. Foto tersebut dilumuri dengan darah sebagai isyarat sebagian serdadu Turki yang berkangsaan Yahudi tekah ikut ambil bagian dalam pembantaian terhadap kaum muslimin. (asy/infopalestina.com)





close
Banner iklan disini