Tarhib Ramadhan LDK UKMM UNLAM : “Salam Robbani, Sambut Bulan Nan Suci”


Islamedia.co - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Bulan dimana pintu surga dibuka lebar-lebar dan segala amal perbuatan kita akan dilipatgandakan pahalanya. 


Setiap muslim yang telah baligh diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Sebagaimana Firman Allah : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqoroh: 183) Maka, mengingat keistimewaan bulan Ramadhan dan berpuasa yang merupakan sebuah kewajiban yang harus ditunaikan. 

Sudah sewajarnya seorang muslim bergembira dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Seperti yang dilakukan oleh LDK UKMM UNLAM yang bekerja sama dengan FSLDK, BEM KM, DPM KM, KOPMA dan Lembaga Dakwah Kampus serta KAMMI  dengan mengadakan agenda Tarhib (pawai) Ramadhan pada Jum’at 27 Juni 2014.




Rute pawai yang ditempuh teman-teman Banjarbaru ialah dari Masjid Kampus Albaytar menuju Bundaran Simpang Empat Banjarbaru. Seluruh peserta pawai berkumpul dan menyebar di sekeliling tugu Simpang Empat Banjarbaru sedangkan untuk teman-teman Banjarmasin, aksi  dilakukan di depan gerbang pintu masuk kampus. Adapun agenda dalam Tarhib ini antara lain  melakukan aksi Freeze Mob dan membagikan selebaran jadwal imsakkiyah yang diselingi dengan pembacaan puisi, syair-syair maulid, nasyid dan orasi yang dibawakan oleh masing-masing ketua lembaga/organisasi.


Menyambut Ramadhan bukan sekedar ceremonial belaka, kami tak ingin bahagia sendiri dalam menyambut datangnya tamu istimewa ini. Adanya Tarhib Ramadhan ini adalah bagian dari usaha kami untuk mengajak masyarakat bergembira dengan datangnya Ramadhan. Sebab yang datang bukanlah tamu sembarangan, ia membawa begitu banyak keberkahan-keberkahan dan kemuliaan terutama ketika kita memaksimalkan ibadah-ibadah. Kami juga menyarankan kepada masyarakat agar menghormati perbedaan jika seandainya nanti akan ada perbedaan dalam penentuan awal Ramadhan,” berikut isi orasi yang disampaikan oleh Muhammad Shaufi, Penanggung Jawab BSO LDK UKMM UNLAM Banjarbaru.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Muhammad Shaufi, bahwa tujuan diadakannya Pawai Ramadhan ini yakni untuk membawa serta Masyarakat dalam menyemarakkan Ramadhan, agar saling menghormati perbedaan dan saling berlomba dalam meraih keberkahan-keberkahan. 

Ketua KAMMI Daerah Banjarbaru pun menambahkan, " Melalui momentum tarhib ini kami menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat pada umumnya dapat menghormati bulan yang suci ini dengan cara menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat. Kami mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya atas ketegasan pemerintah kota Banjarbaru atas kebijakan yang meniadakan festival tanglong. Kami juga berharap pemkot juga tegas mengeluarkan kebijakan untuk menutup tempat-tempat maksiat yang ada di kota Idaman." 

“Agenda ini adalah satu dari rangkaiaan agenda gabungan Lembaga Dakwah Kampus dalam menyambut Ramadhan. Salam Robbani sambut bulan nan suci” komentar Muhammad Alfiannoor Rizki selaku Ketua Umum LDK UKMM UNLAM. 

Tarhib ini menjadi agenda pembuka dalam rangkaian kegiatan di bulan suci Ramadhan yang diadakan oleh LDK UKMM UNLAM, karena akan ada banyak agenda bermanfaat yang akan diadakan selama bulan Ramadhan seperti Sahur On the Road, Ifthor Jama'i, NgaOS, KBUM bersama Ustad, Pesantren Ramadhan, ESQ, Baksos, serta Mukhayyam Al-Quran.[unlam/Islamedia/YL]