Rohis SMA Kota Samarinda Gelar Tarhib Ramadhan Bersama Insan Kamil


Islamedia.co - ROHIS SMA se-Samarinda, Kalimantan Timur bekerja sama dengan Insan Kamil, lembaga yang bergerak dalam dakwah pelajar dan remaja mengadakan acara Aksi Tarhib Ramadhan pada hari Jum’at, 20 Juni 2014 pukul 16.30 WIB bertempat di simpang empat Mall Lembuswana, Samarinda. Aksi Tarhib Ramadhan ini dalam rangka menyambut kedatangan bulan Ramadhan 1435 H yang diikuti pengurus Rohis dari SMA di Samarinda antara lain SMAN 1, SMAN 3, SMKN 2, SMKN 17, MAN 1 dan SMK TI Airlangga dan juga dari SMK Negeri 1 Bontang.


Bulan Ramadhan diwajibkan atasnya untuk berpuasa dan mengandung keberkahan yang berlimpah untuk seluruh umat Islam. Aspian Noor, ketua Insan Kamil mengatakan “Keberkahan yang dimiliki tidak memandang golongan, suku, kelompok, tetapi diberikan bagi siapa saja yang menjalan ibadah dengan baik dan benar di bulan suci ini.” Oleh karena itu, aksi Tarhib Ramadhan mengambil tema “Ramadhan Untuk Semua”.

Aksi diawali dengan pelepasan 100 buah balon gas oleh seluruh peserta aksi. Setiap balon gas digantung secarik kertas yang bertuliskan sifat buruk manusia sebagai simbol ketika memasuki bulan Ramadhan, segala sifat buruk sudah hilang dalam diri umat Islam sehingga bisa fokus untuk beribadah secara maksimal. Selain itu dilakukan orasi setiap ketua Rohis SMA dan pembagian flyer dan jadual imsakiyah yang bertemakan Ramadhan kepada masyarakat kota Samarinda.

Aksi Tarhib Ramadhan juga bertujuan untuk menyampaikan syiar Islam yang penuh dengan kedamaian dan persatuan di tengah Indonesia yang sedang gonjang ganjing terutama situasi politik yang rawan mengalami perpecahan di internal umat Islam. Selain itu, ROHIS SMA se-Samarinda ingin menunjukkan bahwa generasi muda juga dapat membuat hal positif di Samarinda terlepas dari pengaruh negatif yang dapat merusak masa depan. Dalam Orasinya, Ketua Rohis SMKN 17, Alfa Rozil  mengatakan  “Kita berharap, setelah bulan Ramadhan kita menjadi generasi yang lebih baik dan berguna untuk agama bangsa dan negara”.[aspian/Islamedia/YL]