Gerombolan Pemuda Kristen Afrika Tengah Hancurkan Masjid



Islamedia.co - Sebuah gerombolan pemuda Kristen di Republik Afrika Tengah (CAR) telah mengobrak-abrik sebuah masjid di ibukota Bangui dan memblokir jalan-jalan sekitarnya dengan membakar ban.

Serangan yang berlangsung pada hari Kamis, adalah pembalasan atas serangan yang dituduhkan terhadap Gereja Katolik sehari sebelumnya, demikian laporan Press TV.  

Menurut laporan, masjid itu kosong pada saat serangan itu dan tidak ada korban yang dilaporkan. Dalam beberapa bulan terakhir, milisi Kristen telah mengamuk terhadap minoritas Muslim di CAR, membunuh ribuan dari mereka dan melakukan pengusiran.

"Selama enam bulan kami telah menjadi orang-orang yang mengalami kekerasan dan penghancuran terhadap masjid kami," Ousmane Abakar, juru bicara komunitas Muslim Bangui mengatakan sebagaimana dikutip oleh AFP.

Pada hari Minggu, milisi Kristen membunuh dan memutilasi tiga orang pemuda Muslim dalam perjalanan mereka ke pertandingan sepak bola persahabatan di ibukota.

Republik Afrika Tengah telah menghadapi kerusuhan mematikan sejak Desember 2013, ketika kelompok-kelompok bersenjata Kristen melancarkan serangan-serangan terkoordinasi terhadap sebagian besar kelompok Muslim Seleka yang menggulingkan pemerintah pada Maret 2013.

Pada bulan Februari, Amnesty International mengatakan kampanye "pembersihan etnis" sedang berlangsung terhadap warga sipil Muslim di Republik Afrika Tengah meskipun terdapat kehadiran ribuan pasukan asing di negara itu.

Pada Desember 2013, Prancis mengerahkan pasukan untuk CAR setelah Dewan Keamanan PBB menyetujui sebuah resolusi yang memberikan Uni Afrika dan Paris lampu hijau untuk menurunkan pasukan ke negara itu.[muslimdaily.com/im]
close
Banner iklan disini