Dunia Berduka Atas Tragedi Tambang di Turki


Islamedia.co - Ledakan tambang batu bara di Turki buat para pemimpi negara berbelasungkawa. Sekira 15 kepala negara termasuk Amerika Serikat (AS), China, Rusia , Korea Selatan (Korsel) dan Jerman telah menyatakan kesedihan mereka atas tragedi itu.

“Kami siap membantu Pemerintah Turki jika diperlukan, dan kami akan ada bersama Turki saat ini,” tutur Juru bicara Gedung Putih Jay Carney, seperti dikutip International Business Times, Jumat (16/5/2014).
Sebelumnya Turki menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari. Hari berkabung tersebut dimulai pada Kamis pekan ini. Seluruh bendera akan dikibarkan setengah tiang dan gedung parlemen pun juga ditutup.
Menteri Luar Negeri Inggris William Hague juga sampaikan belasungkawanya untuk keluarga para korban. “Saya sangat sedih mendengar berita ledakan tambang di Soma, Turki. Pikiran dan rasa simpati saya bersama dengan semua orang yang dikabarkan hilang, keluarga mereka, dan juga para petugas penyelamat yang bekerja tanpa lelah mencari korban yang selamat.” Ucapnya.
“Inggris siap meberikan bantuan kepada Turki, dan saya akan membicarakan hal ini dengan Menteri Luar Negeri Turki,”tegasnya.
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turut sampaikan belasungkawanya. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan mengirim surat belasungkawa kepada Presiden Turki Abdullah Gul. [berita99/im]