Belajar 10 Hal Hebat Dari Steve Jobs



Islamedia - Dalam masalah duniawi, umat Islam diperbolehkan untuk belajar apa saja dari dari mana saja asal apa yang dipelajari itu tidak merusak aqidah. Rasulullah bersabda, “Hikmah adalah milik muslim yang hilang, dimana saja dia menemukannya, maka ia berhak mengambilnya.” (HR. Tirmidzi)

Termasuk mengambil pelajaran dari Steve Jobs. Sosok yang lekat dengan kata "Apple" ini punya banyak hal yang umat Islam bisa pelajari darinya. Berikut inilah 10 hal elegan dari Steve Jobs mengubah dunia.

1. DESAIN
Saat para produsen personal computer (PC) berlomba-lomba membuat prosesor tercepat, Jobs lebih mengutamakan desain yang cerdas dan minimalis. Produk terbaru Apple, MacBook Air, misalnya, adalah persimpangan antara desain, harga, dan penampilan. Dengan segera, para produsen lain mereplika semua produk Apple.

2. MUSIK

Hadirnya iTunes pada 2003 menjadi pelopor perdagangan musik digital secara legal. Dipadukan dengan iPod, jadilah iTunes retailer musik online terbesar di dunia dengan 20 juta lebih member yang total telah men-download 15 miliar lagu.

3. PC

Cara orang bekerja di kantor dan di rumah berubah sejak kehadiran Apple II ciptaan Jobs dan Steve Wozniak pada 1977. Inilah PC paling populer pada era 1980-an yang praktis digunakan sebagai alat kerja.

4. PASCA-PC

Sebagaimana merevolusi komputer personal lewat Apple II, Jobs juga memelopori era pasca PC lewat komputer tablet, iPad. Padahal, hingga tahun lalu produk itu dianggap bagus secara ide, tetapi sulit direalisasikan sebagai produk. Namun, lihatlah hasilnya: Pada 2010 saja iPad terjual 14,7 juta unit dan pada kuartal pertama 2011 penjualannya meroket 183 persen. Itu bukti bahwa ide Jobs tentang orang kian butuh gadget portabel yang gampang dibawa ke mana-mana benar.

5. IKLAN

Diawali iklan Macintosh pada 1984 yang dibuat oleh Ridley Scott, sutradara yang merebut Oscar lewat film Gladiator, pariwara produk buatan Apple selalu saja seelegan dan seinovatif produk itu sendiri. Misalnya, iklan Mac versus PC yang dibintangi aktor Justin Long. Pada akhirnya, seperti produknya, iklan-iklan Apple pun ditiru banyak pihak.

6. IPHONE

Lewat iPhone, Jobs mengawali era smartphone. Dengan desain minimalis, touch screen yang nyaman dipakai, dan sistem operasi yang solid, iPhone pun menghajar habis upaya Palm dan RIM menelurkan produk ponsel pintar. Jobs terlibat penuh dalam tiap tahap pengembangan produk yang konon menghabiskan dana USD 150 juta itu. Jobs pula yang memasukkan fitur visual voice mail, sesuatu yang ketika itu belum ada, tetapi kini menjadi hal wajib di tiap produk ponsel pintar.

7. EKOSISTEM

Konsep ekosistem ala Jobs memungkinkan orang menghemat bahan bakar serta sampah kertas dan plastik. Produk komputernya, misalnya. Dengan hardware, software, serta servis yang semuanya berasal dari Mac dengan kualitas nomor satu, pembeli tak perlu lalu lalang untuk meng-upgrade komputer yang dibeli. Bayangkan, berapa banyak bahan bakar yang bisa dihemat. Begitu pula toko musik digital iTunes. Jutaan lagu dan album telah terjual tanpa perlu kertas, plastik, dan bahan bakar untuk pergi ke toko atau mengantarkan produk ke rumah pembeli. Tinggal download ke iPod, beres.

8. SISTEM OPERASI MAC

Operation system (sistem operasi) Apple selalu didesain lebih simpel daripada milik para kompetitor, seperti MS, DOS, Windows, atau Linux. Para penggemar Windows kerap mengkritik OS Mac yang mereka anggap tak lazim. Tetapi, justru di situ kekuatannya: dengan membuatnya sesimpel dan semudah mungkin untuk digunakan, OS Mac justru dikenal stabil dan gampang diakses.

9. APPLE STORE

Saat pertama membuka Apple Store di Tyson Corner, Virginia, banyak yang mencibir. Tetapi, sepuluh tahun kemudian, jumlahnya menggurita, menjadi 345 toko, yang memaksa Microsoft menirunya, meski tak semuanya sukses. Kunci kesuksesan Apple Store terdapat pada penataan toko yang memudahkan pembeli berinteraksi dan mencoba produk.

10. APPLE INC

Warisan terbesar Jobs bukanlah smartphone, tablet, atau sistem operasi. Melainkan, Apple itu sendiri. Sejak masuk lagi pada 1997, Jobs berhasil menyulap perusahaan yang nyaris kolaps tersebut menjadi raksasa yang berhasil meminggirkan para raksasa lain, seperti Microsoft dan HP. Yang dilakukan oleh Jobs terhadap perusahaan yang kini memiliki 12 ribu karyawan itu bisa dibilang sebagai turnaround terbesar dalam sejarah bisnis dunia.(CNN)