Ada Apa Dibalik Kesuksesan Grand Launching ODOJ??


Islamedia.co - Komunitas One Day One Juz baru saja melaunching gerakannya secara terbuka pada Ahad kemarin (4/5/2014). Grand Launching ODOJ yang direncanakan sejak Desember 2013 silam terlaksana dengan sukses. Tak tanggung-tanggung, rekor Muri yang mereka usahakan ternyata tak diraih, melainkan gerakan ini langsung mendapat rekor dunia. fantastis!

GL ODOJ yang menargetkan 30.000 Odojers se-Indonesia ternyata melampaui target yang telah ditetapkan. ODOJers yang hadir diperkirakan mencapai 50.000-an. Dari ODOJers termuda usia 7 tahun sampai yang telah uzur berusia 70-an tahun ikut hadir bersama lautan ODOJers yang dominan berkostum putih itu. Istiqlal membahana.

Apa gerangan yang membuat GL ODOJ sebegitu sukses?

Desember 2013, sebuah niat para pecinta Al-Qur'an yang tergabung dalam komunitas One Day One Juz memiliki cita-cita, gerakan ini jangan hanya segelintir orang yang bisa menikmati, namun harus dinikmati oeh seluruh kaum muslimin di segala penjuru negeri hingga di belahan dunia manapun. tercetuslah ide Grand Launching secara besar-besaran di Masjid terbesar di Asia yakni Masjid Istiqlal Jakarta. 

Diawal, gerakan ini merencanakan GL Ahad 11 Mei 2014 dengan mentargetkan 111.100 ODOJers memenuhi Istiqlal. Namun setelah memalui banyak proses, akhirnya rencana ini dirubah menjadi 4 Mei dengan target 30.000 ODOJers. 

Hal yang menarik dari gerakan ini adalah, sebagian besar tim sukses acara GL ini tidak saling mengenal satu sama lain. Mereka hanya berkomunikasi lewat grup whatsapp. meeting demi meeting hanya di grup whatsapp. memutuskan sebuah konsep hanya di grup whatsapp. ketuk palu di grup whatsapp. memecahkan masalah di grup whatsapp. nangis, kesal, kecewa sampai tertawa terguling-guling di grup whatsapp. Ngelilingin sunduq pun untuk mencapai Rp. 750.000.000 di grup whatsapp.

Tiap panitia bisa tergabung dalam puluhan grup. Bayangkan satu orang berada dalam puluhan grup?? semua dalam satu tujuan, SUKSES GL ODOJ. alhasil, banyak diantara panitia mengalami Hang HPnya, Kadang salah kamar saat chat, juga harus install ulang aplikasi whatsappnya. setiap waktu HP mereka terus berkicau tak henti hentinya. dari pagi ketemu malam, dari malam ketemu pagi. semuanya dalam rangka mempersiapkan GL ODOJ.

Hal yang membuat GL ODOJ sedemikian sukses tentu faktor pertama adalah sebab pertolongan Allah. Allah lah yang telah memberi pertolongan dan memberi kemenangan. 
 
Sebab lain adalah karena dibalik membahananya ODOJ ada sekelompok orang yang mewakafkan dirinya untuk kesuksesan dakwah ini. Mereka yang setiap hari terus berkoordinasi tanpa bertemu wajah. Mereka yang saling mensupport tanpa berjabat tangan. Mereka yang saling berbagi tanpa saling berhadapan.
 
Tak saling kenal mereka bukan menjadi halangan. berbeda wilayah, berbeda suku, berbeda pandangan tak membuat niatan mereka terkatung lantas stop ditengah jalan. ada satu ikatan yang membuat mereka sedemikan kuat. Ikatan yang tak kan pernah lepas dari hati-hati mereka. Ikatan yang menjadi ruh perjuangan mereka. meski jarak antar mereka terhalang lautan dan pegunungan, mereka tetap bisa berjalan beriringan, sebab satu ikatan yang membuat mereka dapat terus bergerak. yakni, ikatan AQIDAH. Inilah ikatan yang membuat mereka tetap utuh dan berenergi mensukseskan GL ODOJ.
 
Bukan hanya tim sukses yang membuat GL ODOJ meraih kesuksesannya, namun seluruh ODOJers di negeri ini dan penjuru dunia adalah unsur terpenting yang membuat GL ODOJ meraih rekor dunia.

Keikhlasan ODOJers menginfaqkan rezekinya. padahal belum pernah beratatap muka sama sekali dengan panitia yang terus "ngamen" di grup-grup memotivasi para ODOJers untuk berinfaq demi kesuksesan GL ODOJ. Aqidah yang menyatukan dan menggerakan. Sehingga para ODOJers pun tak mengkhawatirkan atas infaq yang telah disalurkan.

Hal ini menggambarkan nuansa tersendiri, betapa indahnya ukhuwah para ODOJers. Mereka siap saling bahu membahu, mereka siap berkorban untuk orang yang belum diketahuinya sama sekali. Mereka siap menyebrangi lautan, melewati pegunungan, mereka siap kembali mengeluarkan uang untuk datang menyambut seruan mengahdiri Grand Launching One Day One Juz di Istiqlal.

Ada rindu mengharu biru..
Ada cinta kian merekah..
Berbalut ukhuwah nan indah..
Berpondasi iman dan aqidah..
Berhias itsar dan tadhiyah..
Begitula..
Allah jadikan kita bersaudara..
 
Inilah yang membuat GL ODOJ sukses terlaksana. Allah menyatukan hati-hati mereka, yang membuat mereka terus berenergi dan optimis. Pertolongan yang Allah berikan kepada mereka berbuah kemenangan sebagai nikmat yang harus di syukuri.
Namun dibalik kemenangan, sikap seorang muslim tidaklah bereforia merasa telah hebat. Allah mengingatkan kita bahwa hendaknya sebuah kemenangan disikapi dengan Fasabbih, bihamdih, wastaghfir. (An-Nashr: 1-3)

Semoga setelah GL ODOJ terlaksana, "virus" ODOJ terus tersebar ke penjuru dunia. sehingga ODOJ benar-benar membudaya dimana saja..kapan saja.
 
close
Banner iklan disini