Gempa 8,2 SR di Chile Berpotensi Tsunami


Islamedia - Gempa bumi 8,2 Skala Richter (SR) melanda lepas pantai utara Chile di Amerika Selatan.

Badan pencatat gempa Amerika Serikat (USGS) melaporkan, pusat gempa berada di Samudra Pasifik, koordinat 19,642° lintang selatan dan 70,817° bujur barat dengan kedalaman 20,1 km.

Gempa terjadi Selasa (1/4) malam pukul 20.46 waktu setempat. Getarannya dirasakan kuat warga Iquique, Chile, yang berjarak 95 km dari pusat gempa.

Merujuk laporan yang diterimanya, Wali Kota Tarapac√° mengatakan, dua warga meninggal karena serangan jantung. Beberapa lagi terluka parah.

Menteri Dalam Negeri Chile Rodrigo Penailillo memerintahkan warga pesisir barat mengungsi ke tempat yang lebih aman. Peringatan tsunami tetap berlaku sampai setidaknya enam jam dari gempa bumi itu terjadi.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk pantai Peru dan Ekuador. Sementara penduduk pesisir Kolombia, Panama dan Kosta Rika, diminta waspada gelombang tinggi, National Oceanic and Atmospheric Administration melaprokan.

Tak lama setelah gempa mengguncang, gelombang setinggi enam meter menghempas sepanjang pantai utara, Associated Press melaporkan.

Otoritas negara itu juga mengatakan bahwa gempa tersebuh telah memicu longsor hebat di sejumlah tempat, dan kebakaran di sejumlah titik.[suaramerdeka]